Uniknya Masjid Tertua Dan Satu-Satunya Di Korea Selatan

Uniknya Masjid Tertua Dan Satu-Satunya Di Korea Selatan

Uniknya Masjid Tertua dan Satu-Satunya di Korea Selatan - Sebagai negara dengan mayoritas penduduknya yang beragama non-muslim, tentu kita menduga bahwa di Korea Selatan sama sekali tak ada kehidupan berbau Islam. Tapi, kamu jangan salah sangka dulu. Siapa mengira jika ternyata di jantung negeri Korea Selatan ini ada sebuah masjid yang tertua, terbesar, dan satu-satunya yang bisa kamu kunjungi di Seoul.

Seoul Central Masjid

Gambar: Brilionet

Bagi umat Muslim yang sedang mengunjungi Korea Selatan kadang dibuat bingung untuk mencari tempat ibadah ataupun restoran yang menyediakan makanan-makanan halal. Tapi, semua permasalahan itu bisa terjawab jika kamu tahu ada sebuah daerah Islamic Centre di Kota Seoul.

Di wilayah ini bahkan ada sebuah masjib besar yang bernama “Seoul Central Masjid”. Lokasi masjid ini terletak di 732-21 Hannam dong, Yongsan-gu, Itaewon, Seoul. Masjid ini ternyata telah mulai dibangun pada tahun 1974 dan menempati lahan seluas 5000 meter persegi. Lahan ini sendiri ternyata adalah hadiah pemberian dari pemerintah Korea Selatan.

Dengan bantuan dana dari berbagai negara Muslim di Dunia, akhirnya pada 21 Mei 1976 masjid ini resmi dbuka. Seoul Central Masjid sendiri hingga kini telah menjadi masjid tertua dan satu-satunya d Kota Seoul. Keindahan masjid ini semakin ditunjang dengan lokasinya yang berada di antara Sungai Han dan Gunung Namsan.

Kemegahan Seoul Central Masjid

Seoul Central Masjid ini memiliki 3 lantai. Lantai pertama digunakan untuk kegiatan pertemuan serta kantor Korean Muslim Federation. Di lantai 2 digunakan sebagai tempat ibadah bagi pria Muslim dan di lantai 3 digunakan oleh para wanita.

Pada tanggal 20 Juli 1990, tepat di samping Seoul Central Masjid dibuka area Islamic Centre seluas 1.362 meter persegi. Pembangunan Islamic Centre ini sendiri adalah hasil dari sumbangan dana Islamic Development Bank of Saudi Arabia. Islamic Centre ini kini menjadi pusat kegiatan umat muslim dan juga madrasah di Seoul.

Kegiatan di Seoul Central Masjid

Karena menjadi satu-satunya masjid di Kota Seoul yang berpenduduk mayoritas non-muslim, maka Seoul Central Masjid ini selalu didatangi oleh para pelancong muslim, pekerja dari negara muslim, dan juga para keturunan mualaf yang dulu masuk saat Perang Korea berlangsung.

Kegiatan masjid ini ternyata juga berlangsung seperti pada umumnya. Ada ustad yang siap memimpin sholat berjamaah, kegiatan sholat Jum’at, dan juga pusat kegiatan ramadhan. Saat bulan ramadhan, bahkan di masjid ini selalu digelar acara buka puasa dan sahur bersama. Selain itu, setiap hari Jum’at setidaknya ada sekitar 800 jamaah dari berbagai negara dan kalangan yang datang untuk beribadah.

Wisata di Islamic Centre Korea

Selain untuk menunaikan ibadah sholat, ternyata Seoul Central Masjid juga menjadi lokasi tujuan bagi para pelancong muslim yang mencari tempat wisata dan makanan yang halal.

Di Islamic Centre yang terletak di Itaewon ini kamu bisa berjalan-jalan melihat toko pernak pernik yang banyak menjual perlengkapan uma muslim. Selain itu, di tempat ini juga banyak pedagang pernak-pernik khas Korea Selatan.

Jika kamu bingung mencari makanan yang halal di Korea, maka kamu juga bisa menuju ke lokasi ini. Ada banyak sekali restoran ala Timur Tengah ataupun khas Korea yang sudah berlabel halal. Kamu pun bisa menginap di beberapa hotel seperti Hamilton, Itaweon Hotel, Grand Hyatt, atau Capital Itaewon Hotel.

Kamu bisa mengunjungi dan merasakan keunikan dari Masjid Seoul ini dengan menumpang Subway jalur 6. Setelah itu kamu bisa turun di stasiun Itaewon pintu keluar nomor 3. Saat sudah sampai di luar stasiun, kamu akan menemukan Fire Station Itaewon dan kemudian berbeloklah ke kanan. Saat sampai di persimpangan kamu harus berbelok ke kiri dan berjalan kira-kira sejauh 200 meter hingga ke lokasi Masjid ini.

Share This

Related Posts

Ini Dia Artis Super Cantik Korea Selatan Yang (katanya) Tanpa Operasi Plastik

Ini Dia Artis Super Cantik Korea Selatan Yang (katanya) Tanpa Operasi Plastik

April 19, 2017

Di korea Selatan,  operasi plastik sudah menjadi hal biasa yang dilakukan para pria dan wanita....

Read More
Cara Buang Sampah Warga Korea Selatan Ini Sungguh Unik

Cara Buang Sampah Warga Korea Selatan Ini Sungguh Unik

June 01, 2017

Cara Buang Sampah Warga Korea Selatan Ini Sungguh Unik - Di negara maju, biasanya cara membuang...

Read More
Mukbang. Bukan Sekedar Siaran Makan Namun Juga Menghasilkan

Mukbang. Bukan Sekedar Siaran Makan Namun Juga Menghasilkan

February 12, 2018

Media social seakan sudah menjadi candu bagi masyarakat di era millennial ini. Hanya berbekal jaring...

Read More

About the Author

Hyung Ar

Hyung Ar

Kontributor & editor assigned seputar budaya korea selatan di buyonghwa.com. Hobi fotografi dan main game.

Add your comment

Partners