Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

Selain terkenal dengan dramanya, Korea juga memiliki tempat-tempat indah untuk di kunjungi. Tak hanya tempat-tempat modern seperti mall dan kafe, Korea juga mempunyai tempat-tempat bersejarah yang tak kalah indah. Salah satunya yaitu Benteng Hwaseong. Benteng yang indah dan sarat sejarah ini tidak ada salahnya untuk kamu kunjungi jika jalan-jalan ke Korea. Berikut adalah gambaran dan sejarah singkat benteng Hwaseong.

Benteng Hwaseong merupakan salah satu warisan budaya yang sarat sejarah di Korea Selatan. Benteng ini terletak di Kota Suwon, Korea Selatan. Lokasinya sendiri yaitu 30 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Seoul. Benteng Hwaseong merupakan kompleks benteng bertembok yang mengelilingi kota Suwon.

Adapula sejarah dibangunnya benteng ini yaitu untuk menghormati kematian ayah dari raja Jeonji yang yang meninggal secara tragis yaitu dengan dipaksa bunuh diri oleh Raja Young Jo. Raja Jeonji lah yang membangun benteng ini pada tahun 1794 sampai 1796. Tembok Benteng Hwaseong terbentang sepanjang 6 kilometer dengan empat pintu gerbang, pos komando, pintu air, pintu rahasia, menara pengawas, menara sudut, menara mercusuar dan bunker serta fasilitas lainnya.

Hal lain yang menarik dari Benteng Hwaseong yaitu arsitekturnya. Arsitektur Benteng Hwaseong berpengaruh besar terhadap perkembangan arsitektur di Korea. Dibangun oleh sarjana ilmu praktis Silhak, Jong Yak-Yong. Ia membangun benteng ini dengan pertimbangan dari buku-buku yang ia baca yang menggambaran bangunan-bangunan di belahan barat dan timur dunia.

Ia juga menciptakan alat berat semacam krane yang turut membantu penyelesaian pembangunan benteng ini. Ia menamai alatnya sebagai Geojoonggi dan Nongno yang merupakan alat pengangkat yang memanfaatkan prinsip katrol. Meskipun terbilang sederhana, namun alat ini merupakan alat yang luar biasa pada kala itu dan sangat membantu dalam pembangunan Benteng Hwaseong

Benteng Hwaseong yang juga berarti kastil untuk bunga ini memiliki penampilan yang apik. Lengkungan-lengkungan temboknya begitu indah. Pembangunan benteng ini juga memanfaatkan topologi tanah yang sangat ramah lingkugan. Di tengah-tengah benteng mengalir sungai kecil yang menambah nilai keindahan kompleks benteng Hwaseong. Benteng ini juga berfungsi sebagai markas militer bagian selatan negeri pada abad ke 18.

Share This

Related Posts

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

March 28, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, korea Selatan memang terkenal bukan hanya karena drama dan musik...

Read More
Kuil-Kuil Unik Dan Bersejarah Korea Selatan

Kuil-Kuil Unik Dan Bersejarah Korea Selatan

April 16, 2017

Korea Selatan memiliki perjalan sejarah yang sangat panjang sejak zaman sebelum masehi. Pengaruh keb...

Read More
Menelusuri Pesona Keunikan Istana Kepresidenan Blue House Di Korea Selatan

Menelusuri Pesona Keunikan Istana Kepresidenan Blue House Di Korea Selatan

April 20, 2017

Semua negara di dunia pasti punya istana kepresidenan sendiri-sendiri. Jika di Indonesia kita mengen...

Read More

About the Author

Hyung Ar

Hyung Ar

Kontributor & editor assigned seputar budaya korea selatan di buyonghwa.com. Hobi fotografi dan main game.

Add your comment

Partners