Mukbang. Bukan Sekedar Siaran Makan Namun Juga Menghasilkan

Mukbang. Bukan Sekedar Siaran Makan Namun Juga Menghasilkan

Media social seakan sudah menjadi candu bagi masyarakat di era millennial ini. Hanya berbekal jaringan internet, kamu bisa mengakses, berpartisipasi, menciptakan dan membagikan sesuatu ke seluruh dunia. Era inilah melahirkan berbagai tren aneh dalam setiap konten video viral yang ditonton jutaan orang.

Salah satunya video-video mukbang. Kata ‘mukbang’ berasal dari bahasa Korea yang merupakan gabungan dua istilah yaitu ‘muok-da’ (makan) dan ‘bang-song’ (siaran). Jadi mukbang merupakan siaran audiovisual yang ditayangkan secara online, dimana pembawa acara/host/food vlogger yang bersangkutan akan menikmati sejumlah makanan dalam jumlah besar, serta sambil berinteraksi dengan penontonnya. Acara mukbang ini disiarkan melalui platform media sosial berbasis video, cukup dengan makan di depan webcam lalu diunggah online atau live-streaming dari Youtube maupun platform lain seperti Instagram.

Awalnya populer di Korea Selatan dan kini sudah menjamur bahkan di negara lain seperti Indonesia, Amerika Serikat, Inggris, Singapore, Jepang, China, dan Australia.

Sesuai dengan namanya mukbang pertama kali dilakukan oleh orang korea, dan populer di korea selatan sejak tahun 2010an hingga sekarang. Mukbang memang menjadi konten yang super menarik di dunia media social. Tak hayal tren ini diikuti oleh banyak orang di berbagai negara. Bila di Indonesia, mukbang biasanya jadi tontonan populer di Youtube.

Dalam mukbang, pelakunya disebut dengan Broadcasting Jockey atau BJ.

BJ akan makan dengan jumlah porsi yang banyak dan melaporkan langsung menu dan rasa dari makanan yang dimakannya. Yang menarik dalam mukbang yaitu gaya BJ saat menyantap makanannya, dengan mengunyah sangat keras dan gesture yang membuat penontonnya meneteskan liur. Tidak hanya itu, biasanya BJ akan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan terkadang juga akan melakukan tantangan-tantangan dari penontonnya. Mukbang video tidak hanya sekedar acara makan saja. Beberapa BJ juga menunjukkan cara mereka memasak makanan yang akan dinikmati pada acara mukbang mereka yang disebut cookbang.

Situs Afreeca TV, membuat mukbang menjadi ladang uang di korea selatan

 

Kebanyakan BJ mukbang di Korea Selatan menyiarkan video melalui situs bernama Afreeca TV. Sumber pendapatan BJ di Afreeca TV terbilang unik. Fitur khusus bernama ‘Star Ballons’ di Afreeca TV memungkinkan para penonton memberi reward atau hadiah langsung dalam bentuk balon virtual, yang nantinya bisa diuangkan.

Sama seperti Youtuber atau blogger, banyak orang tergiur dan bermimpi ingin jadi BJ terkenal.

Yoo Soo He atau yang dikenal sebagai The Diva adalah salah satu BJ paling terkenal. Pada tahun 2014 ia memecahkan rekor dengan mendapatkan 335 ribu Star Ballons yang bisa diuangkan setara dengan Rp250 juta, hanya dalam sekali siaran. Jumlah yang tentunya sangat lumayan jika mengingat kerjanya hanya siaran makan. Namun tidak semudah itu juga, karena setiap BJ harus menjaga body mereka, akibat makan dalam jumlah besar setiap hari.

Jadi bagaimana guys apakah tertarik dengan profesi yang satu ini?

Share This

Related Posts

Tradisi Unik Saat Perayaan Ulang Tahun Di Korea Selatan

Tradisi Unik Saat Perayaan Ulang Tahun Di Korea Selatan

April 20, 2017

Ulang tahun merupakan hal yang sangat umum ditemui di seluruh dunia. Namun, bagaimana orang-orang me...

Read More
Hal-hal Gila Yang Dilakukan Para Fans Terhadap Idolanya Di Korsel

Hal-hal Gila Yang Dilakukan Para Fans Terhadap Idolanya Di Korsel

August 26, 2017

Apakah kamu cukup familiar dengan istilah ‘sasaeng’? Atau bahkan termasuk salah satu sas...

Read More
Selain Valentine’s Day, Setiap Tanggal 14 Adalah Hari Spesial Di Korea Selatan

Selain Valentine’s Day, Setiap Tanggal 14 Adalah Hari Spesial Di Korea Selatan

February 14, 2018

Valentine’s Day atau hari kasih sayang yang jatuh pada tanggal 14 Februari merupakan moment pa...

Read More

About the Author

SintyaGayatri

SintyaGayatri

Nothing about SintyaGayatri.

Add your comment

Partners