Menghitung Berapa Besar Biaya Hidup Jika Kamu Memilih Tinggal Di Korea Selatan

Menghitung Berapa Besar Biaya Hidup Jika Kamu Memilih Tinggal Di Korea Selatan

Apakah kamu pernah bermimpi atau berangan-angan bisa tinggal di Korea? bila iya mungkin sebaiknya kamu memikirkan masak-masak rencana itu. Kenapa? Tentunya karena biaya untuk hidup di Korea Selatan bisa dibilang lebih mahal berkali-kali lipat daripada di Indonesia.

Agar keinginanmu tinggal di Koea tidak berantakan, mungkin kamu bisa mencoba menghitung jumlah biayanya seperti contoh dibawah ini ( asumsi 1w = 11,7 rupiah)

Tempat Tinggal

Ketika kamu ingin tinggal di Korea, sebelumnya kamu harus tau tempat tinggal yang seperti apa yang akan kamu pakai. Ada banyak jenis tempat tinggal yang tersedia tergantung dari harganya, seperti asrama (gisuksa), goshiwon, hasukjib dan apartement.

1. Asrama (gisuksa)

Untuk kamu seorang mahasiswa yang mendapatkan beasiswa di Korea, kamu bisa menggunakan asrama untuk tempat tinggal. Harga untuk tinggal diasrama kira-kira 400.000 – 1.500.000 won/ semester dengan kamar yang bisa diisi 2 – 6 orang.

2. Goshiwon

Jika memiliki uang yang pas-pas an, mungkin kamu bisa tinggal di goshiwon. Goshiwon sendiri hampir mirip dengan kos-kosan di Indonesia, hanya saja luasnya tidak sebesar kamar asrama. Dan kadang kala tidak ada kamar mandinya sehingga kamu harus menggunakan kamar mandi umum. Harga untuk goshiwon sekitar 300.000 – 600.000 won per bulan.

3. Hasukjib

Hasukjib mungkin lebih merip seperti home stay jika di Indonesia. Kamu akan tinggal bersama beberapa orang dalam satu rumah, lalu di setiap pagi atau malamnya akan ada ibu-ibu yang memasakkan makanan untuk kamu. Harga tinggal di hasukbin kurang lebih 400.000 won per bulan.

4. Apartement

Kebanyakan orang Korea tinggal di apartement, dan apartement pun banyak jenisnya. Jika kamu ingin tinggal di apartement, kamu harus menyisihkan uang cukup banyak sekitar 1.000.000 won per bulan.

Makan

Biaya makan di Korea memang tidak bisa dianggap remeh. Kamu harus mengeluarkan 6000 – 12.000 won hanya untuk sekali makan di rumah makan. Sementara untuk makanan ringan seperti kimbab seharga 1.800 won, ramyon 4.000 won, bulgogi 5.000 won dan nasi goreng 3.000 won. Jika harga-harga tersebut terlalu mahal, sebaiknya kamu memasak makananmu sendiri agar biayanya lebih murah lagi.

Transportasi

Transportasi di Korea yang biasanya di gunakan adalah bus, subway dan taxi. Biaya transportasi paling murah adalah naik bus, yaitu sekitar 1.300 (tunai) dan 1.200 (kartu transport) untuk transportasi bus biasa atau umum. Jika kamu ingin menggunakan bus exspress, kamu harus mengeluarkan uang sebesar 2.400 (tunai) dan 2.300 (kartu transport).

Sementara biaya subway sekitar 1.250 won tergantung jauh dekatnya tempat tujuan. Sedangkan tarif awal transportasi menggunakan taxi sebesar 3.000 won.

Listrik serta Air

Biaya listrik dan air biaya tidak menjadi satu dengan biaya tempat tinggal. Sehingga harga yang harus kamu bayar untuk listrik dan air kurang lebih sejumlah 15.000 won selama sebulan.

Biaya lainya

Yang termasuk ke dalam biaya lainya ini berupa kebutuhan sehari-hari, misalnya saja membeli pakaian, pulsa HP dan juga hangout. Untuk hangout, minuman ala café seperti kopi cukup mahal di Korea sekitar 5.000 won per gelas dan tentunya sama dengan seporsi makanan kalau di Indonesia.

Share This

Related Posts

Sisi Gelap Korea Selatan Yang Selama Ini Belum Banyak Diketahui Publik

Sisi Gelap Korea Selatan Yang Selama Ini Belum Banyak Diketahui Publik

July 28, 2017

Gelombang Korea atau Korean waves menjalar keseluruh pelosok dunia. Kepopuleran K-Drama dan K-Pop me...

Read More
5 Hal Unik Ini Cuma Bisa Kamu Lakukan Di Korea Selatan

5 Hal Unik Ini Cuma Bisa Kamu Lakukan Di Korea Selatan

May 08, 2017

Sebagai suatu negara yang tengah diidolakan di Asia dan dunia, semua hal yang unik tentang Korea Sel...

Read More
Cara Mudah Membuat Visa Turis Korea Selatan

Cara Mudah Membuat Visa Turis Korea Selatan

August 09, 2017

Korea Selatan terkenal dengan destinasi wisata yang mempesona dan  beragam kuliner yang sangat ...

Read More

About the Author

Hyung Ar

Hyung Ar

Kontributor & editor assigned seputar budaya korea selatan di buyonghwa.com. Hobi fotografi dan main game.

Add your comment

Partners