Kuil-Kuil Unik Dan Bersejarah Korea Selatan

Kuil-Kuil Unik Dan Bersejarah Korea Selatan

Korea Selatan memiliki perjalan sejarah yang sangat panjang sejak zaman sebelum masehi. Pengaruh kebudayaan antara China dan agama Buddha telah merasuk ke sendi-sendi kehidupan di Korea Selatan. Selama masa kerajaan, Korea Selatan menganut ajaran Buddha dan Konfusius. Karena itu, banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah berupa kuil-kuil yang tersebar di seanteero negeri.

Nah, berbicara mengenai kuil di Korsel, berikut ini beberapa kuil-kuil unik dan bersejarah yang sayang dilewatkan.

Manggyeongsa

Kuil Manggyeongsa terletak di Gunung Taebak dengan ketingggian mencapai 1460 meter. Kuil ini dibangun pada masa Dinasty Silla tahun 57 SM – 935 SM oleh seorang biarawan bernama Jajang. Kuil ini memiliki pemandian air panas bernama Dragon Spring yang ada di dekat pintu masuk kuil.​​​​​​​

​​​​​​​Naejangsa

Kuil Naejangsa dipercaya didirikanapda tahun 636 Masehi. Namun, saat ini sebagian besar bangunan adalah hasil pemugaran pada tahun 1957 setelah peristiwa invasi Jepang dan perang Korea. Kuil ini terletak di Taman Nasional Naejang yang akan sangat memukau ketika musim gugur tiba.

Daejonsa

Kuil Daejonsa adalah kuil yang terbesar di Cheongsong-gun. Saat berada di kuil ini, Kalian akan melihat pemandangan gunung Juwang yang indah. Bangunan kuil Daejonsa yang paling terkenal adalah Bogwangjeon.

Cheongpyeongsa

Kuil Cheongpyeongsa ini dipenuhi oleh legenda adanya sesosok ular yang melindungi kuil. Konon katanya, dahulu kala ada seorang pria yang mencintai putri dan rela berubah menjadi ular. Suatu ketika sang ular pergi ke luar kuil untuk mencari putri, namun ular tersebut justru tersambar petir dan mati. Sang putri pun menguburkan ular itu di sebuah tempat di dalam kuil Cheongpyeongsa.

Pengunjung yang berziarah ke kuil ini dapat menikmati berbagai keindahan alam. Kalian bisa menaiki perahu di danau Soyang yang berada di dekat kuil. Kalian juga bisa berjalan kaki di sepanjang lembah dan menikmati indahnya air terjun di sana.

Beopjusa

Kuil ini memiliki 60 bangunan dan 70 ruang pertapaan. Kuil ini menjadi kuil besar di Korea Selatan sebelum adanya invasi Jepang pada tahun 1592. Pada saat itulah kuil ini terbakar karena berkecamuknya perang.

Saat ini Beopjusa telah menjadi harta dan kekayaan peninggalan sejarah Korea Selatan. Di kuil ini juga ada pagoda setinggi 22,7 meter yang juga merupakan bangunan bersejarah dan dilindungi di Korea Selatan.

​​​​​​​Gangcheonsa

Pada tahun 1316, sebuah pagoda setinggi 5 lantai ditambahkan di kuil Gangcheonsa ini. kuil ini bahkan pernah menjadi tempat tinggal bagi 1000 orang biksu. Ada berbagai situs dan pemandangan indah di sekitar kuil ini. Kalian yang berkunjung kesini bisa berjalan-jalan melihat indahnya Gunung benteng Geumsong, air terjun Yeongso, danau Gangcheon, danau Damyang, dan juga taman nasional Naejang.

​​​​​​​Cheoneunsa

Cheoneunsa merupakan salah satu dari 3 kuil terbesar di gunung Jiri. Kuil inipertama kali dibangun pada tahun 828 dan dibakar pada tahun 1592 saat adanya invasi Jepang ke Korea Selatan. kuil ini kemudian dibangun (dipugar) lagi pada tahun 1610, namun dibakar lagi pada tahun 1676. Tahun berikutnya kuil ini dipugar lagi. Namun, pada tahun 1773 kuil ini terbakar lagi, baru akhirnya pada tahun 1775 kuil ini direnovasi ulang. Kuil ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan telah melewati berbagai zaman di Korea Selatan.

Itu dia 7 kuil unik dan bersejarah di Korea Selatan, yang tentunya wajib Kalian kunjungi saat berlibur ke negeri ginseng tersebut.

Share This

Related Posts

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

March 28, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, korea Selatan memang terkenal bukan hanya karena drama dan musik...

Read More
Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

September 18, 2017

Selain terkenal dengan dramanya, Korea juga memiliki tempat-tempat indah untuk di kunjungi. Tak hany...

Read More
Serunya Main Lumpur Di Festival Boryeong Mud Korea Selatan

Serunya Main Lumpur Di Festival Boryeong Mud Korea Selatan

September 20, 2017

Di Korea selatan, tepatnya di daerah Boryeong yang terletak kurang lebih 200 km dari kota Seoul, ter...

Read More

About the Author

Asmara

Asmara

Nothing about Asmara.

Add your comment

Partners