Hal-Hal Yang Menyebabkan Google Tidak Laku Di Korsel

Hal-Hal Yang Menyebabkan Google Tidak Laku Di Korsel

Perkembangan teknologi semakin maju dari tahun ke tahun. Demikian juga halnya internet, yang  merupakan bukti bahwa teknologi terus mengalami perkembangan dengan hadirnya beragam aplikasi dan mesin pencarian. Dan salah satu mesin pencarian, yang sekaligus terbesar saat ini, yaitu Google.

Google memberikan ragam kemudahan bagi kita untuk mengakses berbagai informasi melalui mesin pencarian. Bahkan Google  memberikan layanan google map berupa peta digital yang mampu menggali informasi tentang berbagai tempat di seluruh dunia.

Namun, tidak semua tempat menyediakan layanan google. Salah saunya adalah di Korea Selatan. Meski terkenal dengan kemajuan dan keterbukaannya dengan hubungan luar negeri dibandingkan Korea Utara, negeri yang terkenal dengan julukan negri gingseng tersebut  ternyata tidak memberikan akses informasi dalam negrinya untuk mudah diketahui pihak luar khususnya mengenai akses berbagai jalan atau tempat di Korea Selatan.

Hal ini mengakibat Google tidak berpengaruh besar sebagai  media informasi online bagi masyarakat Korea Selatan.  Berbeda  dengan sebagian besar negara di dunia yang menjadikan Google sebagai media informasi online yang memiliki peranan besar,  Google justru tidak laku di Korea Selatan. 

Hal-Hal yang Menyebabkan Google Tidak Laku di Korsel

Faktor Kemanan

Korea Selatan dan Korea Utara secara teknis masih terlibat dalam peperangan hingga saat ini. Bahkan konflik diantara ke dua negara tersebut masih terus berlangsung  dan perjanjian damai belum disepakati bersama.  Kondisi tersebut menyebabkan Korea Selatan berupaya melakukan pembatasan akses Google Map  tentang informasi data wilayahnya. Dalam Google Map, kita bisa melihat sebagian gedung , pencitraan wilayah dan  sebagian nama jalan di Korea Selatan. Namun, untuk akses informasi lalu lintas, navigasi  dan peta Street View atau 3D tidak bisa diakses. Tentunya hal ini membatasi kualitas layanan Google di Korea Selatan bukan?  Fitur yang terbatas akan mempengaruhi kulitas layanan Google sehingga tidak laku di Korea Selatan.

Faktor Ekonomi

Korea Selatan merupakan salah satu  negara maju di dunia baik dari segi fashion, teknologi, bidang perfilman maupun produk makanan. Negeri gingseng ini sangat mencintai produk-produk dalam negrinya.  Hal ini ditandai dengan program pemerintah Korea Selatan yang senantiasa mengajak masyarakatnya untuk menggunakan produk dalam negri.

Saat Google Map dibatasi fiturnya, warga  Korea Selatan  tidak mengalami kekhawatiran.  Di sana mereka memiliki dua aplikasi pemanfaatan informasi peta yang sangat terkenal yakni Kakao Map dan Never Map.  Kedua aplikasi tersebut memberikan layanan pemanfaatan informasi peta yang dilengkapi dengan beragam fitur informasi penting antara lain informasi jadwal kereta, informasi kemacetan, informasi taxi, lalu lintas, dan sejenisnya.

Jadi tampaknya di Korea sana keberadaan google tak se eksis di Indonesia.

Share This

Related Posts

Beberapa Alasan Yang Bikin Orang Korsel Memilih Untuk Operasi Plastik

Beberapa Alasan Yang Bikin Orang Korsel Memilih Untuk Operasi Plastik

August 15, 2017

Operasi plastik telah menjadi trend tersendiri, terutama untuk kalangan artis dan kalangan atas pada...

Read More
7 Fakta Unik Korsel Yang Jarang Diketahui Orang

7 Fakta Unik Korsel Yang Jarang Diketahui Orang

March 27, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, bagi Kalian penggemar drama korea ataupun musik K-Pop, mengetahu...

Read More
6 Lokasi Paling Romantis Di Korea Selatan

6 Lokasi Paling Romantis Di Korea Selatan

March 28, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, siapa yang tidak kenal dengan negara Korea Selatan? Saat ini ban...

Read More

About the Author

Hyung Ar

Hyung Ar

Kontributor & editor assigned seputar budaya korea selatan di buyonghwa.com. Hobi fotografi dan main game.

Add your comment

Partners