Empat Musim Yang Mempesona Di Korea Selatan

Empat Musim Yang Mempesona Di Korea Selatan

Annyeong haseyo

Sobat Buyonghwa, ada banyak hal yang cukup mengesankan tentang Korea, mulai dari drama-darama dan filmnya yang suka bikin baper, lagunya yang renyah ditelinga, gaya fashionnya yang sering dijadikan inspirasi, hingga 4 musimnya yang mempesona. Yup, berbeda dengan Indonesia yang hanya memiliki 2 musim, Korea memang memiliki 4 musim sekaligus, yakni musim dingin, musim gugur, musim panas dan musim semi.

Masing-masing dari musim tersebut memiliki cara tersendiri untuk membuat para ‘penikmat’ Korea terpesona. Tidak percaya? Berikut sedikit ulasan yang kami bagikan untuk 4 musim Korea yang mempesona tersebut.

Musim Dingin

Musim dingin di Korea ditandai oleh turunnya salju yang dimulai sejak bulan Desember hingga awal Maret. Puncak suhu terdingin saat musim dingin di Korea biasanya di bulan Januari utamanya sejak pertengahan bulan hingga akhir bulan, dimana suhunya bahkan mencapai minus 6o C.

Banyak tempat yang sangat baik untuk menikmati musim dingin di Korea, dan beberapa diantaranya adalah Songdo Amuse Namgu yang ada di Incheon-si, Supia Snow Sleeding Field yang ada di Gwangjin dan Korean Folk Village snow Sleeding Field di Yongin, Gyeonggido.

Yang paling menarik adalah adanya festival yang dilaksanakan di musim dingin yang masih berhubungan dengan salju. Diantara beberapa festival menarik di Korea saat musim dingin adalah sebagai berikut:

  1. Lighting Festival di Garden of The Morning Calm
  2. Ice Fishing di Pyeongchang Trout Festival
  3. Hwacheon Sancheoneo Ice Festival di Kangwon-do
  4. Sledding Hilss di pusat Kota Seoul
  5. Hantangan Ice Trekking Festival

Musim Gugur

Musim gugur adalah musim romantis di Korea yang berlangsung sejak bulan September hingga bulan November. Mengapa romantis? Karena musim yang disebut sebagai Cheongomabi oleh penduduk setempat ini menjadikan Korea penuh dengan daun-daun yang berguguran disana sini. Belum lagi di sebagian besar wilayah Korea, daun Pohon Maple dan Pohon Gingko berubah warna menjadi merah dan kuning.

Ada banyak tempat wisata yang sangat bisa dikunjungi saat musim gugur ini, beberapa diantaranya adalah Lembah Cheonbuldong yang ada di sekitar pegunungan Seoraksan dan Seoraksan National Park.

Musim gugur di Korea juga dikenal sebagai musim panen, sehingga di musim ini pula ada satu agenda yang dinamakan dengan Korea Thanksgiving Day atau Chuseok. Sedangkan untuk festival yang diadakan saat musim semi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Seoul Lantern Festival
  2. Hyeoseok Pyeongchang Cultural Festival
  3. Onju Hanji Festival
  4. Seosan Chrysanthemum Festival
  5. Andong Maskdance Festival

Musim Panas

Nah, kalau musim panas di Korea berlangsung sejak bulan Juni sampai awal September, dengan puncaknya adalah antara akhir Juli hingga pertengahan Agustus dan suhunya bisa mencapai 40o C. Musim panas juga biasanya banyak dimanfaatkan oleh warga Korea untuk pergi berlibur bersama teman atau keluarga, dengan destinasi favoritnya adalah pantai.

Ada banyak pantai indah di Korea yang bisa dijadikan objek liburan saat musim panas, contohnya adalah Eurwangni Beach, Naksan Beach yang ada di Kota Yangyang dan Gyeongpo Beach yang ada di Kota Gangneung.

Sementara untuk festival yang dilaksanakn di musim panas di Korea diantaranya adalah:

  1. Boryeong Mud Festival
  2. Pohang International Firework Festival
  3. Hamyang Wild Ginseng Festival
  4. Busan Sea Festival
  5. Jecheon International Music and Film Festival

Musim Semi

Nah, musim yang terakhir di Korea adalah musim semi, dimana musim ini berlangsung di bulan Maret hingga awal bulan Mei. Musim ini adalah musim yang indah dimana bunga-bunga bermekaran dan suhu udaranya pun bersahabat. Sama seperti musim-musim yang lainnya, saat musim semi pun ada banyak festival yang diselenggarakan di Korea, dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jeju Cherry Blossom Festival
  2. Jinhae Gunhangje Festival
  3. Hampyeong Butterfly Festival
  4. Yeouido Spring Flowers Festival
  5. Jeju Canola Flower Festival

Nah bagaimana, sangat menarik bukan? 

Ddo mannayo

Share This

Related Posts

Kuil-Kuil Unik Dan Bersejarah Korea Selatan

Kuil-Kuil Unik Dan Bersejarah Korea Selatan

April 16, 2017

Korea Selatan memiliki perjalan sejarah yang sangat panjang sejak zaman sebelum masehi. Pengaruh keb...

Read More
Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

September 18, 2017

Selain terkenal dengan dramanya, Korea juga memiliki tempat-tempat indah untuk di kunjungi. Tak hany...

Read More
Dua Perayaan Hari Besar Khas Korea, Meria Dan Penuh Suka Cita

Dua Perayaan Hari Besar Khas Korea, Meria Dan Penuh Suka Cita

September 19, 2017

Setiap negara pasti mempunyai kultur mereka masing-masing. Seperti di Korea, ada dua perayaan hari b...

Read More

About the Author

Asmara

Asmara

Nothing about Asmara.

Add your comment

Partners