Dua Perayaan Hari Besar Khas Korea, Meria Dan Penuh Suka Cita

Dua Perayaan Hari Besar Khas Korea, Meria Dan Penuh Suka Cita

Setiap negara pasti mempunyai kultur mereka masing-masing. Seperti di Korea, ada dua perayaan hari besar yang dilakukan dengan sangat meriah dan sarat akan budaya dan nilai luhur di sana. Perayaan hari besar tersebut ialah perayaan hari pergantian tahun atau Seollal dan hari festival panen atau Chooseok.

Lantas, apa saja sih keseruan perayaan hari-hari besar tersebut? Penasaran?

Seollal

gambar: penghormatan pada orang tua saat hari raya seollal. via firsychysancom

Seollal atau yang bisa disebut Goojong merupakan perayaan besar di Korea Selatan. Perayaan ini diadakan untuk merayakan pergantian tahun kalender lunar. Sama seperti tahun baru disini, hari raya Seollal jatuh pada tanggal 1 bulan 1 atau 1 Januari setiap tahunnya. Hari besar ini dirayakan besar-besaran dengan 3 hari libur nasional.

Dalam hari raya Seollal, masyarakat Korea biasanya akan berdoa bersama agar selalu diberikan kesehatan dan juga rejeki. Hal ini dilakukan dengan cara berkumpul bersama keluarga di pagi hari untuk sembahyang ‘Charye’ disusul dengan menyiapkan berbagai macam makanan untuk pesta. Sebelum menyantap makanan yang disajikan, biasanya kawula muda akan sungkem terlebih dahulu kepada orang yang lebih tua yang siap memberikan wejangan.

Selain memberikan wejangan dan juga doa-doa baik, orang-orang yang lebih tua biasanya juga memberikan uang alias angpao yang disebut sebagai Saebatton. Lalu mereka menyantap bersama hidangan yang telah disajikan. Makanan khas hari raya Seollal yaitu seos-emsik dan seol-gu. Hidangannya berupa sup kue beras atau teok-gook, buah-buahan dan juga minuman beralkohol.

Selain itu banyak warga Korea yang berwisata pada hari tersebut. Kebanyakan akan berwisata ke pesisir timur Korea, Gangwon, untuk menyaksikan mata hari terbit alias sunrise pertama di tahun baru.

Choo Seok

Choo Seok adalah hari bulan purnama yang merupakan hari besar untuk memperingati hasil panen. Biasanya jatuh pada tanggal 15 bulan 8 atau 15 agustus tiap tahunnya dan umumnya jatuh pada musim gugur. Perayaan ungkapan syukur khas korea ini diperingati dengan 3 hari libur dan beberapa ritual lainnya.

Pada umumnya, warga Korea akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya ini. Mereka akan berziarah ke makam leluhur dan merayakan Chooseok dengan keluarga, lalu dilanjutkan dengan pesta makan.

Makanan yang menjadi ciri khas peringatan Chooseok yaitu songpyeon yang berupa kue beras berisi kacang atau wijen. Selain pesta makan, biasanya masyarakat juga bermain permainan tradisional seperti yut, kartu go-stop atupun gasing.

Pada intinya, hari raya ini dilakukan untuk mengucap syukur atas hasil panen yang berlimpah dan sekaligus momen kumpul keluarga yang ditunggu-tunggu masyarakat Korea.

Nah itu tadi 2 hari raya besar yang dirayakan di Korea dengan meriah dan penuh suka cita. Masyarakat akan bergembira menyambut hari raya tersebut dengan menggelar ritual-ritual budaya yang sudah turun-temurun dilakukan. Nah, sekian dulu informasi dari kami ya, semoga bermanfaat chingu! Annyeong!

Share This

Related Posts

Empat Musim Yang Mempesona Di Korea Selatan

Empat Musim Yang Mempesona Di Korea Selatan

April 03, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, ada banyak hal yang cukup mengesankan tentang Korea, mulai dari ...

Read More
Mengenal Sejarah Huruf Korea (Hangeul)

Mengenal Sejarah Huruf Korea (Hangeul)

October 10, 2017

Budaya K-pop yang berasal dari Korea Selatan kini tengah menyebar dan berkembang ke seluruh dunia te...

Read More
5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

March 28, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, korea Selatan memang terkenal bukan hanya karena drama dan musik...

Read More

About the Author

Hyung Ar

Hyung Ar

Kontributor & editor assigned seputar budaya korea selatan di buyonghwa.com. Hobi fotografi dan main game.

Add your comment

Partners