Cheonggyecheon, Sungai Buatan Cantik Dan Bersejarah Di Korea Selatan

Cheonggyecheon, Sungai Buatan Cantik Dan Bersejarah Di Korea Selatan

Kalau kamu penggemar drama Korea, kamu pasti tidak asing lagi dengan Sungai Han atau yang biasa disebut Han gang oleh masyarakat Korea. Sungai ini sering dijadikan tempat bermain atau sekedar untuk jalan-jalan oleh warga Korea, sering juga dijadikan lokasi syuting drama korea, karena memang tempatnya yang indah dan asri. Tapi tahukah kalian ternyata di Seoul juga ada sungai cantik lainnya, lho. Dan sungai yang kami maksud ialah Sungai Cheonggyecheon yang merupakan sungai buatan di Korea Selatan.

Sungai mungil ini terletak di jantung kota Seoul. Meskipun tak sebesar Sungai Han, Sungai Cheonggyecheon ternyata menyimpan banyak kenangan bagi Korea. Dengan panjang sekitar enam kilometer, sungai ini telah mengalami masa-masa kelam, namun hal tersebut telah terlewati hingga menjadi sungai kecil nan cantik di tengah-tengah kota metropolitan, Seoul.

Jika meruntut pada sejarah Sungai Cheongyechun, ternyata sungai ini dulunya symbol kemiskinan dan tempat kumuh di Korea. Mengapa? Karena pada masa-masa pasca perang Korea, sekitar tahun 1950-1953, banyak penduduk yang datang ke Seoul untuk mengadu nasib. Di sinilah masalah mulai terjadi, penduduk menjadikan bantaran sungai sebagai tempat bermukim, dan melakukan aktifitas-aktifitas seperti mandi, mencuci dan juga untuk buang air besar. Parahnya lagi, masyarakat juga membuang sampah di Sungai Cheonggyecheon tersebut.

Melihat kondisi sungai yang sangat memprihatinkan, akhirnya pemerintah mulai merelokasi warga yang tinggal di bantaran sungai dan mulai membangun tiang-tiang panca. Pada tahun 1976, jadilah jalan layang di atas Sungai Cheonggyecheon. Jalan layang ini merupakan simbol modernisasi di Seoul kala itu. Seoul sebagai kota modern pun lahir bersama dengan hilangnya sungai mungil ini sejenak dari wajah kota Seoul.

Ingatan tentang Sungai Cheonggyecheon lahir kembali pada tahun 2003. Kala itu, walikota Seoul, Lee Myung-Bak berencana untuk melahirkan ulang sungai Cheonggyecheon. Dari sinilah perlahan sungai yang tadinya hilang dari wajah Kota Seoul kembali dimunculkan. Jalan layang yang sebelumnya menutupi sungai ini dibongkar oleh pemerintah dan pengerukan pun dilakukan agar sungai dapat beroperasi normal.

Butuh waktu dua tahun dan tiga bulan bagi pemerintah Korea untuk menjadikan sungai ini cantik kembali.         Dan pada tahun 2005, wajah baru Sungai Cheonggyecheon mulai terlihat. Pemerintah membangun sisi kanan dan kiri sungai sebagai tempat warga berjalan kaki. Sebanyak 22 jembatan juga dibangun melintasi sungai kecil ini. Terkadang ada juga festival yang diselenggarakan di Sungai Cheonggyecheon.

Image sungai ini kini sangat berbeda dari sebelumnya. Pada malam hari, lampu-lampu akan menghiasi aliran sungai. Banyak warga Korea terutama warga Seoul datang ke tempat ini untuk beristirahat sejenak dan menikmati pemandangan indah sungai Cheonggyecheon, baik pada malam maupun siang hari. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati indahnya sungai ini, alias gratis.

Sungai Cheonggyecheon merupakan hasil nyata dari keseriusan pemerintah Korea untuk mengubah image kotanya yang lebih baik. Tentu saja hal ini juga dibarengi dengan kerjasama warga korea untuk mendukung dan turut serta menjaga nilai budaya, sejarah serta kenyamanan tempat tinggalnya. Keberhasilan pemerintah Korea dalam melahirkan kembali Sungai Cheonggyecheon patut dijadikan contoh oleh-negara-negara lainnya.

Share This

Related Posts

Keren, Ini Dia Festival Musim Semi Di Korea Selatan

Keren, Ini Dia Festival Musim Semi Di Korea Selatan

April 06, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, festival apapun, dilaksanakan dimanapun sudah pasti memiliki kei...

Read More
Lokasi Terindah Saat Musim Gugur Di Korea Selatan

Lokasi Terindah Saat Musim Gugur Di Korea Selatan

April 06, 2017

Musim gugur pastinya memiliki keindahan tersendiri, terlebih buat kita yang belum pernah melihatnya ...

Read More
5 Alasan Kenapa Korea Selatan Layak Disebut Negara Wisata Impian

5 Alasan Kenapa Korea Selatan Layak Disebut Negara Wisata Impian

April 19, 2017

Seiring dengan meledaknya budaya K-POP dan K-DRAMA di mata dunia beberapa tahun terakhir ini, Korea ...

Read More

About the Author

Hyung Ar

Hyung Ar

Kontributor & editor assigned seputar budaya korea selatan di buyonghwa.com. Hobi fotografi dan main game.

Add your comment

Partners