Cara Buang Sampah Warga Korea Selatan Ini Sungguh Unik

Cara Buang Sampah Warga Korea Selatan Ini Sungguh Unik

Cara Buang Sampah Warga Korea Selatan Ini Sungguh Unik - Di negara maju, biasanya cara membuang sampah juga sudah sangat teratur dan canggih. Begitu juga dengan Korea Selatan. Kita tidak akan bisa menemui sampah-sampah berserakan di jalanan. Kalau kamu tinggal di Korea Selatan, kamu gak akan pernah bisa buang sampah sembarangan. Kamu bahkan gak akan bisa buang sampah di tempat sampah yang salah. Kamu harus patuh pada aturan-aturan buang sampah yang ternyata sangat rumit dan tidak semudah di Indonesia. Siap-siap ya dengan culture shock ini.

Kantong Kresek Khusus untuk Sampah

Sumber gambar: Seoulistic.com

Di Indonesia biasanya kita juga membuang sampah dengan menggunakan kantong kresek kan? Tapi apa bedanya dengan cara buang sampah di Korea? Kalau di Indonesia kita bebas menggunakan kantong kresek jenis dan warna apapun, ternyata di Korea Selatan sudah ada kantong khusus yang digunakan untuk membuang sampah.

Di Korea kita harus membeli kantong kresek khusus untuk membuang sampah. Kantong ini biasanya dijual di minimarket. Kantong kresek ini memiliki warna yang berbeda-beda untuk membedakan jenis sampah yang dibuang. Selain itu, di kantong kresek ini juga sudah tertera informasi mengenai wilayah dimana kamu tinggal. Jadi sampah ini bisa dengan mudah dilacak dari mana asalnya. Biasanya setiap bulan kamu bisa menghabiskan sekitar 10 ribu won atau 120 ribu rupiah hanya untuk membeli kantong kresek sampah ini.

Tempat Sampah

Sebelum kamu membuang sampah ke tempat sampah, kamu diwajibkan untuk memilah-milah dulu sampah yang kamu buang. Ada 3 kategori sampah yaitu sampah makanan, sampah yang bisa didaur ulang, dan sampah lain-lain yang tidak masuk 2 kategori itu (misalnya popok bayi, tissue bekas, dan lain-lain).

Setelah itu, kamu harus membuang sampah di tempatnya. Tapi tunggu dulu, kamu tidak bisa membuang sampah-sampah yang telah dipisahkan itu pada satu tempat seperti di Indonesia. Kamu harus membuangnya di tempat sampah yang berbeda-beda.

Kalau kamu tinggal di apartemen, ada satu lantai basement yang biasanya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Ada beberapa ruangan disini khusus untuk memisahkan sampah-sampahnya. Ruangan pertama biasanya digunakan untuk membuang barang-barang besar (sofa, lemari, meja, dan sebagainya). Untuk bisa membuang barang-barang besar ini, kamu harus membayar loh.

Ruangan kedua biasanya digunakan untuk membuang sampah-sampah seperti makanan, sampah lain-lain, dan juga kantong kresek. Di sini sudah disediakan bak-bak tempat sampah untuk makanan.

Ruangan ketiga biasanya digunakan untuk sampah-sampah yang bisa didaur ulang. Sampah yang sudah kamu pisahkan dari rumah harus dipisahkan lagi di ruangan ini. Kamu harus membaginya menjadi :

 

-     Plastik pembungkus

-     Botol plastik

-     Kaca atau gelas kaca

-     Sterofoam

-     Kertas

-     Kardus

Jangan harap ada petugas yang akan memilah-milahkan sampah kalian ya. Karena semua tahapan pembuangan sampah yang ribet ini ternyata harus kalian lakukan sendiri. Bahkan kalian jangan kaget kalau di Korea kerap menjumpai orang-orang berjas rapi tapi sedang memilah-milah sampah untuk dibuang.

Pay As You Trash

Kalau kalian suka sekali membuang-buang makanan tanpa menghabiskannya lebih dulu, sebaiknya kalian jangan melakukan kebiasaan ini di Korea Selatan. Karena pemerintah di sana sudah menerapkan aturan yang mengharuskan penduduknya membayar sisa makanan yang dibuang.

Mereka harus membuang sampah sisa makanan di tempat sampah khusus yang telah disediakan. Dan uniknya, mereka harus membayar sejumlah berat sampah yang mereka buang loh.

Uniknya lagi, ada kartu RFID (Radio Frequency Identification) yang harus dimiliki untuk membuka tutup tempat sampah. Nantinya semua data berat sampah akan terekam pada akun pribadi milik pemegang kartu. Ada lagi sistem manajemen barcode dimana kamu bisa membuang sampah langsung di tempatnya, tapi kamu harus membayar dengan barcode yang tertera di tempat sampah itu. Dan sistem yang terakhir adalah menggunakan kantong kresek berbayar seperti yang telah dijelaskan di atas.

Bagaimana? Sudah siap tinggal di Korea dengan segala keunikan cara membuang sampahnya?

Share This

Related Posts

Inilah Hal-Hal Unik Yang Biasa Dilakukan Orang Korea Selatan

Inilah Hal-Hal Unik Yang Biasa Dilakukan Orang Korea Selatan

May 15, 2017

Lain negara, pasti lain juga kebudayaannya. Itulah kenapa mengunjungi negara lain bisa menambah peng...

Read More
Fakta Unik Seputar Wajib Militer Di Korea Selatan Yang Wajib Kamu Tau

Fakta Unik Seputar Wajib Militer Di Korea Selatan Yang Wajib Kamu Tau

April 15, 2017

Korea Selatan memang telah menjadi kiblat dunia hiburan, fashion, dan teknologi di Asia. Negara ini ...

Read More
5 Hal Unik Ini Cuma Bisa Kamu Lakukan Di Korea Selatan

5 Hal Unik Ini Cuma Bisa Kamu Lakukan Di Korea Selatan

May 08, 2017

Sebagai suatu negara yang tengah diidolakan di Asia dan dunia, semua hal yang unik tentang Korea Sel...

Read More

About the Author

Asmara

Asmara

Nothing about Asmara.

Add your comment

Partners