Budaya Minum Soju Di Korea Selatan, Bukan Hanya Sekedar Mabuk

Budaya Minum Soju Di Korea Selatan, Bukan Hanya Sekedar Mabuk

Jika kamu penggemar drama korea, tentu tidak asing lagi dengan adegan minum soju dalam drama. Soju merupakan minuman beralkohol hasil distilasi yang di produksi oleh Korea Selatan. Menikmati dan mengkonsumsi soju sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat Korea Selatan. Minuman yang dapat di nikmati oleh semua kalangan ini memiliki penampakan jernih yang terbuat dari beras dengan kadar alkohol sebesar 20-45 % ABV.

Kebudayaan minum-minuman beralkohol sangat penting di Korea Selatan sebagai tanda saling menghargai. Akan tetapi meminum soju di Korea Selatan juga ada etikanya bukan hanya sekedar untuk mabuk-mabukan. Berikut beberapa etiket meminum soju yang musti kamu ketahui sebelum berkunjung ke Korea Selatan. Mengingat pentingnya kebudayaan yang harus dijaga, alangkah baiknya jika kamu ikut menghargainya.

1. Pantang menuangkan sendiri

Menuangkan soju kegelas sendiri saat acara perkumpulan akan dianggap tidak sopan. Maka tuangkanlah soju untuk orang lain dan minumlah soju yang dituangkan oleh orang lain. Tapi bila minum sendiri pantangan itu tidak berlaku.

2. Posisi tangan yang tepat

Ketika menuangkan soju, pegang botol dengan tangan kanan sementara tangan kiri menyentuh siku tangan kanan. Bila menerima soju yang dituangkan orang lain, letakkanlah gelas di telapak tangan kiri dan pegang gelas dengan telunjuk dan ibu jari sambil menundukkan kepala sedikit sekitar 20 derajat. Posisi ini menyimbolkan gestur zaman dulu, yaitu menyingsingkan lengan hanbok agar tak menyentuh makanan atau meja

3. Meminum seluruh isi soju dalam sekali teguk

Jika sudah dituangkan soju, anda harus langsung meminumnya sebab jika tidak akan dianggap tidak sopan. Untuk tuangan gelas pertama, diharuskan meminum seluruh soju dalam gelas dengan sekali teguk (one shoot) dengan lebih dahulu menghirup aromanya. Gelas berikutnya barulah boleh meminum soju sedikit demi sedikit sambil mengobrol dan menyantap cemilan.

4. Hanya boleh mengisi gelas bila benar-benar kosong

Jika sudah meneguk habis soju di dalam gelas, dan harus diletakkan ke atas meja. Serta hanya boleh mengisi gelas lagi ketika gelas sudah benar-benar kosong.

5. Menuangkan soju dengan orang yang lebih tua tanpa diminta   

Di Korea Selatan, orang tua adalah orang yang paling di hormati. Disaat makan bersama pasti ada kalanya meminum soju dengan rekan kerja yang lebih tua atau orang tua dalam keluarga. Etikanya kamu harus terlebih dahulu menuangkan soju kepada orang yang lebih tua tanpa diminta. Serta pada saat meminum gelas pertama wajib memalingkan wajah saat menenggak soju dengan menutupi gelas soju menggunakan telapak tangan. Gelas berikutnya hanya harus menunduk sedikit saat menenggaknya. Bila sebelumnya hanya perlu menerima dengan salah satu tangan, bila minum soju dengan orang tua, terimalah soju dengan kedua tangan memegang gelas. Satu lagi fakta uniknya, bila atasan menuangkan soju kepada bawahannya, itu bisa dipastikan atasan tersebut menyukai anda.

 

Share This

Related Posts

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

5 Tari Tradisional Khas Korea Selatan

March 28, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, korea Selatan memang terkenal bukan hanya karena drama dan musik...

Read More
Empat Musim Yang Mempesona Di Korea Selatan

Empat Musim Yang Mempesona Di Korea Selatan

April 03, 2017

Annyeong haseyo Sobat Buyonghwa, ada banyak hal yang cukup mengesankan tentang Korea, mulai dari ...

Read More
Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

Sejarah Benteng Hwaseong Yang Cantik Di Suwon, Korea Selatan

September 18, 2017

Selain terkenal dengan dramanya, Korea juga memiliki tempat-tempat indah untuk di kunjungi. Tak hany...

Read More

About the Author

SintyaGayatri

SintyaGayatri

Nothing about SintyaGayatri.

Add your comment

Partners